Sejarah Dan Asal Usul Permainan Congklak

Sejarah Dan Asal Usul Permainan Congklak

Permainan Congklak

Congklak merupakan permainan tradisional kuno di Indonesia. Congklak diketahui dengan bermacam sebutan nama. Congklak sendiri merupakan sebutan yang berkembang untuk permainan tradisional ini di Sumatera. Di Jawa, permainan itu familiar dengan sebutan dhakon. Adapun di Lampung, permainan tersebut populer dengan istilah dentuman lamban. Meski di Sulawesi, permainan disebut Maggaleceng.

Permainan congklak dapat dimainkan laki-laki atau perempuan. Tapi lazimnya, permainan congklak dimainkan oleh perempuan, lebih-lebih buah hati-buah hati yang berusia 6 hingga 12 tahun.

Sejarah Singkat Congklak

Permainan congklak telah lama berkembang di Asia, khususunya wilayah Melayu. Berdasarkan sejarah, congklak pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Arap yang datang untuk berdagang dan berdakwah.

Para arkeologi dan para pakar mempercayai bahwa congklak berasal dari Timur Tengah lalu berkembang di Afrika. Lebih lanjut, para pakar juga mempercayai bahwa congklak merupakan permainan tertua di dunia.

Cara Bermain Congklak

Sesudah mengetahui congklak dari sejarahnya, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana metode bermain congklak. Seperti disebutkan sebelumnya, congklak dimainkan oleh dua orang yang berhadapan di sisi belakang papan congklak.

Ketika permainan diawali, tiap lubang-lubang kecil pada papan congklak diisi 5 hingga 7 biji yang terbuat dari biji sawo atau kerang atau dapat juga menerapkan batu kecil. Sementara itu dua lubang besar yang terdapat di ujung papan dibiarkan kosong.

Ketika permainan berlangsung, kedua pemain akan memindahkan biji-biji tersebut dari satu lubang satu ke lubang lainnya secara berurutan dan bergantian. Cara memindahkan biji-biji congklak ini dijalankan sejajar dengan jarum jam. Di mana satu lubang diisi oleh satu biji semacam itu seterusnya hingga biji yang digenggam pada tangan habis.

Permainan ini terus berlangsung hingga satu pemain kehilangan biji. Tapi permainan dapat juga dihentikan dikala kedua pemain berharap stop. Ketika itu, pemain akan menghitung jumlah biji yang dimiliki. Pemain yang memiliki jumlah biji paling banyak maka dialah pemenangnya.

Nilai yang Terkandung Ketika Bermain Congklak

Berdasarkan Daftar Berita Hari Ini, ada banyak skor yang terkandung dikala bermain congklak, berikut merupakan semisal :

Memacu Kemampuan Berhitung

Permainan congklak dapat menstimulasi kecakapan berhitung. Karena, dikala bermain congklak tentu penuh strategi, bagaimana metode menang dengan mendapatkan biji terbanyak.

Mengajari Kejujuran

Ketika bermain congklak, lawan tidak benar-benar memperhatikan berapa jumlah biji yang digenggam, apakah biji dijatuhkan satu per satu atau tidak,atau malah lebih dari satu. Karena itu kejujuran sungguh-sungguh dilatih dipermainan ini, agar tidak curang dan saling menyepakati peraturan yang telah dibuat bersama.

Melatih Kesabaran

Bermain congklak kita mesti bersabar menunggu giliran untuk bermain. Ada kalanya giliran kita untuk bermain, dan pemain lainnya menunggu, semacam itu juga sebaliknya. Di waktu menunggu ini dapat kita gunakan untuk membentuk strategi dikala nanti menerima giliran bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.